Home » Uncategorized » KECERDASAN EMOSI (EQ)

KECERDASAN EMOSI (EQ)


Banyak contoh di sekitar kita membuktikan bahwa orang yang memiliki gelar tinggi belum tentu sukses di dunia pekerjaan.Seringkali mereka yang berpendidikan formal lebih rendah,ternyata mereka lebih berhasil di dunia pekerjaan.

Saat ini banyak orang berpendidikan yang tampak menjanjikan,mengalami kemandekan dalam karirnya.Lebih buruk lagi, mereka tersingkir akibat rendahnya kecerdasan emosinya.

pendapat seorang praktisi kaliber internasional,Linda Keegan,mengatakan bahwa kecerdasan emosi (EQ) harus menjadi dasar dalam setiap pelatihan manajemen.

Kemampuan akademik,nilai raport dan predikan kelulusan pendidikan tinggi tidak bisa menjadi satu-satunya tolak ukur seberapa baik kinerja seseorang dalam pekerjaannya atau seberapa tinggi sukses yang mampu di capai.Menurut makalah McCleland tahun 1973 berjudul Testing for competence Rather then Intelligence , ” Seperangkat kecakapan khusus seperti : empati,disiplin diri dan inisiatif akan membedakan antara mereka yang sukses sebagai bintang kinerja dengan yang hanya sebatas bertahan di lapangan pekerjaan.

Hal tersebut telah di pahami perusahaan-perusahaan raksasa dunia saat ini,Mereka menyimpulkan bahwwa :

Inti kemampuan pribadi dan sosial merupakan kunci utama keberhasilan seseorang sesungguhnya adalah kecerdasan emosi.

EQ adalah kecerdasan untuk merasa.Kunci kecerdasan emosi adalah kejjujuran anda pada suara hati.Tiga pertanyaan yang selanjutnya perlu di ajukan adalah : Apakkah anda jujur pada diri sendiri??Seberapa cermat anda merasakan perasaan terdalam dalam diri anda?? Seringkah anda tidak memperdulikannya?? Menurut hadist yang diriwayatkan oleh HR Muslim,Nabi muhammad SAW menyatakan ” DOSA MEMBUAT HATI JADI GELISAH ”

Suara hati itulah yang seharusnya dijadikan pusat perinsip yang mampu memberikan rasa aman,pedoman,kekuatan serta kebijaksanaan..Namun bagaimana cara memperoleh dan mengenal suara hati sejati anda ???

Bacalah dengan nama tuhanMu yang telah menciptakan.Menciptakan Manusia dari segumpal darah.Bacalah! Tuhanmu lah yang maha pemurah.Yang mengajarkan kalam.Mengajar manusia yang tiada ia tahu.”


8 Comments

  1. nuurulqurani says:

    ” DOSA MEMBUAT HATI JADI GELISAH “

    setuju deh sama kamu

  2. Reblogged this on arifinhelmi89 and commented:
    masa si?

  3. dwimurtono says:

    KI JOKO BODO contohnya…………..

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s