Home » Belenggu Hati » PRINSIP HIDUP

PRINSIP HIDUP


 PRINSIP HIDUP

” Dan janganlah layangkan pandanganmu kepada kenikmatan yang kami berikan kepada beberapa golongan di antara mereka.Itu (hanyalah) kembang kehidupan dunia,supaya kami dapat menguji mereka.Tapi rezeki tuhanmu lebih kekal dan lebih baik. (QS Thaahaa 20:131) “

Beberapa dekade ini,kita menyaksikan bagaimana prinsip hidup menghasilkan tindakan yang beragam.Prinsip hidup yang di anut telah menciptakan berbagai tipe orang dengan pemikiran dan tujuan masing-masing.setiap orang terbentuk sesuai prinsip yang dianutnya.Hasilnya bisa dianggap hebat,mengerikan,bahkan menyedihkan.

Di jepang,ada budaya hirarkiri,Tatkala seseorang merasa bersalah atau putus asa,ia akan menusukan pedang Katana dan merobek lambungnya hingga kemudian mati perlahan.Jembatan Golden Gate di San Francisco adalah tempat bunuh diri yang populer di Amerika Serikat,yang mengagungkan Kapitalisme,Sementara di belahan bumi lain,Uni Soviet runtuh setelah lama menganut paham Komunisme.

Di bidang politik,berlaku prinsip : ” Tidak ada persahabatan abadi,yang ada hanya kepentingan pribadi yang abadi “.prinsip ini sungguh melawan suara hati manusia,yang sejatinya sangat memuliakan arti persahabatan,tolong-menolong dan kasih sayang antar sesama umat manusia.Konfusianisme,prinsip yang dipegang oleh kebanyakan keturunan china,mampu membawa china menguasai perekonomian asia,hingga julukan Dragon of Asia ” melekat pada bangsa tersebut. ” Yang penting penampilan ” adalah salah satu prinsip yang telah membelokan pemikiran sebagian masyarakat menjadi konsumtif dan mendewakan penampilan luar tanpa memperhatikan sisi terdalam manusia yaitu hati nurani.Banyak dari generasi muda sekarang begitu bangga akan pakaian dengan merek terkenal dan harga mahal.Lebih parah lagi,seseorang akhirnya dinilai dari merek yang dipakainya.

Prinsip-prinsip yang tidak sesuai dengan suara hati akan berakhir dengan kegagalan,baik fisik maupun nonfisik.Dunia telah membuktikan bahwa prinsip yang tidak sejalan dengan suara hati atau mengabaikan hati nurani seperti contoh diatas,akan mengakibatkan kesengsaraan bahkan kehancuran.

Demikianlah,bahwa hanya dengan berprinsip kuat pada sesuatu yang abadi,manusia akan mampu menuju kebahagiaan dan keamanan yang hakiki.

“berprinsip dan berpegang pada sesuatu yang labil akan menghasilkan sesuatu yang labil pula.”

 


2 Comments

  1. nuurulqurani says:

    dengan prinsip yang kuat,,manusia akan mencapai aktualisasi dirinya,,kebutuhan manusia paling tinggi.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s