Home » Belenggu Hati » PENGERTIAN KOMPUTER SERVER

PENGERTIAN KOMPUTER SERVER


PENGERTIAN KOMPUTER SERVER

Pernahkah Anda mendengar istilah komputer server? Mungkin pernah dan tidak jarang anda bertanya-tanya mengenai definisi, kegunaan, dan bagian-bagiannya. Sejatinya, apa yang dimaksud dengan komputer server? Ini merupakan sebuah komputer dengan layanan atau servis tertentu di dalam sebuah jaringan. Komputer ini ibarat induk yang menyimpan dan mengelola informasi, serta mendistribusikan ke komputer lainnya agar dapat digunakan secara bersama-sama.
Jenis komputer ini digunakan baik dalam jaringan internet maupun di dalam jaringan intranet. Pada umunya, komputer ini akan beroperasi selama 24 jam nonstop dalam rangka memberikan pelayanan maksimal kepada para pengguna komputer. Sistem kerja ini juga mempunyai komputer server mempunyai spesifikasi yang jauh berbeda dengan komputer client. Komputer pusat harus lebih bagus berkali-kali lipat agar mampu memberikan pelayanan yang berdurasi jangka panjang dan tetap berkualitas.

Spesifikasi yang baik tentu bukan hanya pada bagian luar atau hardware saja, namun sepsifikasi software juga termasuk di dalamnya. Hal ini dibuktikan melalui sistem operasi yang dimiliki oleh server dengan desain khusus. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Microsoft Windows Server 2008
2. Sun Solaris
3. UNIX
4. Linux Redhat

Komponen Komputer Server

Komponen komputer server yang terdiri dari berbagai macam hardware biasa sama dengan komponen yang ada di dalam komputer klien. Kendati demikian, komponen yang ada pada server mempunyai kelas serta kualitas yang jauh lebih tinggi karena akan difungsikan dengan banyak komposisi. Penjelasan berikut ini akan memberi tahu anda apa saja komponen-komponen tersebut.

Motherboard

Motherboard merupakan papan sirkuit di dalam suatu komputer dengan semua komponen yang ada di dalam komputer anda menjadi terhubung. Ini merupakan inti dari sebuah komputer sehingga disebut sebagai ‘mother’.

Komponen utama pada motherboard termasuk prosesor ( atau CPU), sirkuit yang disebut chipset, memori, expansion slot, IDE hard drive controller, dan input/output (I/O) ports untuk perangkat seperti keyboard, mouse, dan printer. Beberapa motherboard juga mempunyai fitur tambahan seperti adapter grafis, SCSI disk controller, atau antarmuka jaringan.

Processor

Prosesor, atau CPU, adalah otak dari komputer. Meskipun prosesor bukan satu-satunya komponen yang mempengaruhi kinerja sistem secara keseluruhan, namun ini merupakan komponen pertama yang dipikirkan orang ketika ingin membeli sebuah komputer server. Intel memiliki empat model prosesor yang dirancang serta digunakan dalam server komputer :

Itanium 2 : clock speed 1.60GHz, 1-2 core prosesor
Xeon : 1.83 – 2.33GHz clock speed, 1-4 core prosesor
Pentium D : 2.66 – 3.6GHz clock speed, 2 core prosesor
Pentium 4 : 2.4 – 3.6GHz clock speed, 1 inti prosesor

Memori

Ketika anda ingin mempunyai sebuah komputer berkategori server, maka jangan membuat penghematan yang terlalu jauh. Banyak jenis memori yang tersedia, sehingga Anda harus memilih jenis yang tepat dari memori untuk mencocokkan memori yang didukung oleh motherboard. Kapasitas memori total server tergantung pada motherboard. Kebanyakan server baru dapat mendukung setidaknya pada 12GB memori, dan beberapa dapat mendukung hingga 32GB.

Hard drive

Sebagian besar komputer desktop menggunakan hard drive murah yang disebut IDE drive (kadang-kadang juga disebut ATA). Drive ini cukup untuk pengguna individu, tetapi karena kinerja lebih penting untuk sebuah server, jenis lain dari drive yang dikenal sebagai SCSI biasanya digunakan sebagai gantinya. Untuk kinerja terbaik, gunakan drive SCSI bersama dengan SCSI controller card.

Baru-baru ini, jenis baru drive murah yang disebut SATA telah muncul di komputer desktop. Drive SATA juga sedang dicoba secara terus-menerus untuk komputer server.

Koneksi jaringan

Koneksi jaringan merupakan salah satu bagian yang paling penting dari server apapun. Banyak server memiliki adapter jaringan yang dibangun dalam motherboard. Jika server Anda tidak dilengkapi dengan hal, Anda akan perlu menambahkan kartu adapter untuk jaringan yang terpisah.

Power supply

Karena server biasanya memiliki perangkat lebih dari komputer desktop biasa, tentu memerlukan daya yang lebih besar (300 watt secara umum). Jika server mempunyai hard drive dalam jumlah yang lebih, mungkin memerlukan daya yang lebih besar.

Fungsi Komputer Server

Setelah saya memberikan pemahaman tentang pengertian serta sistem operasi yang ada pada komputer server. Kini saatnya beralih ke fungsi atau kegunaan server itu sendiri. Ada beberapa fungsi yang bisa anda dapatkan di dalam server ini, antara lain adalah sebagai berikut.

Application server

Server ini mempunyai fungsi untuk menyimpan berbagai macam aplikasi yang nantinya akan diakses oleh komputer klien. Sebagai contoh, komputer pusat atau server menyimpan sebuah palikasi transaksi jual beli online yang nantinya dapat dipakai di jaringan intranet atau internet.

Proxy server

Proxy server merupakan fungsi yang bermakna mengatur lalu lintas jaringan dengan pengaturan proxy. Banyak orang yang lebih mengenal proxy server dengan tujuan untuk mengoneksikan antara komputer klien dengan internet.

Database server

Menyediakan akses database merupakan salah satu fungsi yang paling penting dari sebuah komputer server. Sebuah database relasional adalah struktur penyimpanan informasi yang kompak dan efisien, serta memungkinkan akses cepat ke volume data yang besar.

Dalam pengaturan kantor bisnis, database dapat digunakan untuk menyimpan rincian kontak pelanggan dan informasi pesanan, serta pengiriman dan pembayaran catatan. Dengan mengakses server melalui jaringan lokal, beberapa karyawan dapat mengambil dan memperbarui informasi dari database secara sepanjang hari sebagaimana bisnis dilakukan.

Ada beberapa sistem database populer, termasuk Oracle Database, Microsoft SQLServer dan database MySQL open-source.

Game Server
Anda pernah lihat orang-orang bermain game secara bersama-sama? Mereka menggunakan game server sehingga dapat bermain game online secara bersama-sama di dalam sebuah jaringan.

Printer server
Digunakan untuk mengatur printer yang bekerja di dalam sebuah jaringan. Inilah yang menyebabkan printer dapat digunakan oleh berbagai macam komputer dan terhubung di dalam suatu jaringan.
Itulah artikel mengenai fungsi, komponen, serta pengertian dari komputer server. Semoga memberikan manfaat kepada Anda.


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s